Skip to Content

Otomotif Blog

Informasi Seputar Dunia Otomotif

Fungsi Garis Horizontal di Kaca Belakang Mobil

Fungsi Garis Horizontal di Kaca Belakang Mobil

Closed
by January 16, 2016 Mobil, Tips

Pernahkan Anda bertanya-tanya apa sebenarnya garis horizontal yang menempel pada kaca belakang mobil? Apakah sebatas hiasan saja atau ada fungsinya?

Garis horizontal yang menempel pada kaca belakang itu disebut defogger. Garis horizontal ini berfungsi terutama pada saat musim hujan atau cuaca dingin, yaitu untuk menghilangkan embun yang ada pada kaca belakang. Dengan kata lain, Defogger merupakan bagian dari fitur keselamatan.

 

Lantas, bagaimana cara kerjanya? garis horizontal tersebut adalah alat yang bisa menghantarkan panas. Suhu panas ini yang nantinya dapat menghilangkan embun pada kaca belakang.

Di luar negeri tepatnya negara barat, defogger bukan cuma berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca saja, tetapi juga berfungsi untuk mencairkan salju/es. Meski demikian, defogger tidak akan terasa panas jika disentuh dengan tangan.

 

Cara mengaktifkan defogger cukup mudah. Anda tinggal menekan tombol defogger yang ada pada dashboard mobil. Seiring dengan perkembangan teknologi, alat ini bisa dipasang di spion dan kaca depan mobil.

 

kelemahan dari defogger adalah mudah lepas, apalagi jika kaca film dilepas. Selain itu, daya tahan alat ini juga dipengaruhi perawatan mobil yang dilakukan oleh sang pemilik. Misalnya, apakah mobil sering diparkir saat hujan atau tidak.

 

Di balik fungsinya, menggunakan defogger juga beresiko. Beberapa pengguna mengaku kaca belakang mobil tiba-tiba pecah setelah defogger digunakan secara terus-menerus.

Previous
Next