Skip to Content

Otomotif Blog

Informasi Seputar Dunia Otomotif

Akibat Jika Mesin Diesel diisi Bensin

Akibat Jika Mesin Diesel diisi Bensin

Closed
by April 29, 2016 Mobil, Tips

Pernahkah Anda mengisi bahan bakar mesin diesel dengan bensin? secara logika hal ini memang sudah menyalahi prosedur.

Pertama kita harus mengetahui karakter dari mesin diesel  yaitu high compression. Bahkan kompresi yang dibutuhkan untuk melakukan pembakaran bisa sampai menyentuh perbandingan 30:1. maka dari itu, pada ruang bakar mesin diesel tidak diperlukan bahan bakar yang mudah meledak.

 

Kesalahan mengisi bahan bakar di SPBU dari yang seharusnya mobil diisi dengan solar tapi malah diisi dengan bensin akan berakibat sangat fatal. Itu sama halnya memasukkan bahan bakar yang high explosive ke dalam mesin yang memiliki kompresi tinggi. Jika dibiarkan, akan terjadi knocking.

 

Selain itu, dampak langsung yang dirasakan adalah suara mesin menjadi sangat kasar. Apalagi jika kesalahan saat isi bahan bakar ini dilakukan pada mobil yang tangkinya kosong.
Memang tarikan pada mobil mungkin jadi lebih mudah. jika dibiarkan maka mesin akan overheat tentunya akan merusak komponen-komponen didalam mesin. apabila penanganannya sudah telat, mau tidak mau mobil harus di overhoul atau turun mesin dan biaya yang dibutuhkan sangatlah banyak.

 

Lantas Bagaimana cara mengatasinya?

Cara paling simpel yaitu kemudikan mobil secara perlahan dan jangan ngebut agar tidak terjadi overheating. Carilah bengkel mobil terdekat dan kuras tangki bahan bakar hingga bersih. Jika penanganan ini langsung dilakukan, biayanya tidak semahal biaya turun mesin. perkiraan kurang lebih Rp 500 ribu untuk menguras tangki bahan bakar.

 

Jadi, jangan sampai salah isi bahan bakar pada mobil kesayangan.

Previous
Next