Skip to Content

Otomotif Blog

Informasi Seputar Dunia Otomotif

Tips Melakukan Engine Brake Pada Mobil Matik

Tips Melakukan Engine Brake Pada Mobil Matik

Closed
by January 21, 2016 Mobil, Tips

Menggunakan engine brake untuk melakukan pengereman memang sangat membantu khususnya pada mobil yang menggunakan transmisi manual. Lalu bagaimana dengan mobil matik atau mobil bertransmisi otomatis?

 

Banyak yang percaya bahwa mobil matik itu tidak memiliki engine brake. pasalnya saat mobil akan berhenti, mobil terasa biasa saja padahal sudah direm.Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara menurunkan ke gigi lebih rendah.

 

Dengan memindahkan gigi ke lebih rendah, mobil akan melakukan engine brake. Tak hanya membantu dalam proses berhenti, kanvas rem mobil menjadi lebih hemat karena tidak digunakan secara terus menerus.

 

Ketika berkendara Anda tidak bisa hanya mengandalkan rem untuk menghentikan laju mobil. Saat kondisi panas tinggi, kanvas rem bisa kehilangan daya cengkeramnya. sehingga engine brake sangat berguna. Di mobil matik engine brake dapat dilakukan dengan cara mengganti tuas transmisi dari posisi gigi tinggi ke rendah.

 

Meski begitu, Saat memindahkan gigi, perhatikan RPM mesin. Soalnya saat RPM mesin tinggi, melakukan perpindahan gigi dapat merusak mesin mobil. Oleh karena itu, lakukanlah saat RPM mesin berada di angka 3 ribu rpm atau dibawahnya.

Previous
Next